Hidupkatolik.com
home / santo santa

St Petrus Kanisius,
Seorang Pekerja Keras dan Pembelajar

Jumat, 30 September 2011 12:41 WIB
St-Petrus-Kanisius.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Santo Petrus Kanisius adalah orang kudus yang pantas diteladani oleh kaum muda pada zaman sekarang. Ia adalah seorang pekerja keras dan pembelajar. Tidak banyak orang kudus yang dilukiskan dengan keadaan sedang bekerja. Kanisius kerap digambarkan sebagai seorang yang sedang menulis buku. Ia terkenal sebagai penegak iman Katolik yang kala itu sedang goyah karena perpecahan.

Sikap pekerja keras Santo Petrus Kanisius agaknya relevan untuk diteladani kaum muda zaman sekarang yang mudah terpengaruh pola hidup instan dan pragmatis. Orang muda harus memiliki semangat bekerja sehingga ia dapat menjadi manusia yang mandiri, tak mudah putus asa, dan pekerja keras.

Kemauan Kanisius untuk belajar sepanjang hidup layak dicontoh. Ia selalu menyempatkan diri untuk membaca, menulis, dan berdiskusi. Padahal, ia adalah pengajar yang sudah diakui kecerdasan dan kehebatannya di berbagai kalangan.

Kanisius juga suka membagi ilmu kepada orang lain lewat khotbah, pidato, dan pengajaran-pengajarannya. Selain dari balik mimbar, Kanisius juga berkarya langsung dengan mendirikan rumah-rumah biara, sekolah, kolese, dan seminari-seminari. Kanisius memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan kaum muda dan calon imam.

Kanisius adalah pribadi yang berpandangan realistis. Di saat berhadapan dengan pola laku para pemimpin Gereja yang kurang terpuji pada masa itu, Kanisius justru berpikir bahwa perbaikan harus dimulai dari bawah. Sistem pendidikan calon imam perlu dibenahi.

Karena itu, Kanisius mencurahkan perhatiannya bagi pendidikan calon imam dengan mendirikan seminariseminari. Sistem pendidikan di seminari pun mulai dibenahinya. Pembenahan inilah yang akhirnya dapat menghasilkan imam-imam yang handal dan integral. Kanisius tak ingin masa kelam Gereja Katolik di masanya terulang lagi di masa mendatang. Sebagian besar sistem pendidikan seminari yang dipakai sampai saat ini adalah hasil gagasannya.


Stefanus P. Elu



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site