Hidupkatolik.com
home / renungan

Hukuman: Renungan Jumat, 6 Juli 2012

Kamis, 5 Juli 2012 19:59 WIB
Hukum-Tuhan-Terus-Menantang.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XIII; Am 8:4-6.9-12; Mzm 119; Mat 9:9-13

Hari ini kita masih mendengarkan kritik Nabi Amos atas ketidakadilan sosial yang terjadi di Israel. Nubuat ini dibuka dengan sapaan langsung, ”Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini” (ay 4). Kata pembukaan ini kemudian dilanjutkan dengan gambaran tentang kecurangan dan ketidakadilan dalam bidang ekonomi yang mereka rancang dan laksanakan terhadap sesamanya (ay 5-6). Kepada mereka, Allah mengancamkan malapetaka hebat sebagai hukuman (ay 9-12).

Yang menarik dari bacaan ini, Amos tidak memberikan kesempatan kepada bangsa Israel yang berdosa untuk bertobat. Hanya ada tuduhan dan langsung yang dilanjutkan dengan penghukuman. Mengapa demikian? Apakah memang kepada Israel Allah sudah mengatakan ”Tiada maaf bagimu”? Dosa Israel tampaknya sudah menjadi noda tak berampun. Peringatan-peringatan sudah tidak dipedulikan lagi. Kalau sudah demikian, ya mau apa lagi, Allah mesti bertindak demi penegakan hukum-Nya.

Lalu? Tampaknya tidak jarang kita bermain-main atau bahkan berjudi dengan Tuhan. Kita terus hidup dalam kesalahan meskipun tahu bagaimana seharusnya kita hidup. Mungkin kita berkali-kali masih menang melawan Tuhan. Tetapi, sampai kapan? Mungkin baik kita merenungkan apa yang disampaikan Yesaya, ”Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat” (Yes 55,6).

V. Indra Sanjaya Pr



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site