Hidupkatolik.com
home / renungan

Etika Seksual: Renungan Rabu, 12 September 2012

Selasa, 11 September 2012 18:22 WIB
ragu-menikah-hidup-katolik.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XXIII; 1Kor 7:25-31; Mzm 45; Luk 6:20-26

Dalam suratnya kepada saudara-saudara Kristen di Korintus, kali ini Paulus memberikan nasihat kepada orang-orang yang belum kawin. Menarik, karena Paulus mengatakan bahwa Tuhan sebenarnya tidak memberikan perintah tentang hal ini. Yang Paulus sampaikan adalah pendapatnya sendiri, yang meskipun demikian tetap dapat dipercaya (ay 25).

Apa yang dikatakan Paulus? Ia menasihatkan agar orang tetap berada dalam keadaannya. Bagi mereka yang tidak menikah, jangan menikah; tetapi jika ingin menikah pun mereka tidak berdosa walaupun mereka akan ditimpa kesusahan badani (ay 28). Paulus tampaknya lebih cenderung memilih hidup selibat, meskipun tidak menolak pernikahan. Tampaknya yang menjadi alasan Paulus adalah pandangannya yang bersifat eskatologis. Ini tidak harus berarti bahwa akhir zaman akan segera datang, tetapi tampaknya hanya mau mengatakan bahwa dunia sekarang ini mempunyai nilai relatif saja. “Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu” (ay 31).

Lalu? Tidak jarang orang begitu terikat dengan dunia ini dan memperjuangkan mati-matian hal dunia ini, dan lupa bahwa dunia ini dengan segala isinya akan berlalu. Dunia ini tidak mempunyai nilai mutlak. Yang mutlak adalah Kristus. Semoga masa depan juga menjadi pertimbangan saat kita melangkah.

V. Indra Sanjaya Pr



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site