Hidupkatolik.com
home / renungan

Berbagi: Renungan Kamis, 18 Oktober 2012

Rabu, 17 Oktober 2012 19:09 WIB
Santo-Lukas.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pesta St Lukas Pengarang Injil; 2 Tim 4:10-17b; Mzm 145; Luk 10:1-9

Hari ini adalah pesta St Lukas pengarang Injil ketiga. Kita tahu Lukas tidak termasuk dua belas rasul, bahkan murid-murid pertama Yesus. Amat mungkin Lukas tidak pernah mengenal Yesus ketika Ia masih hidup. Teks yang dibacakan hari ini dipilih karena pada ay 11 disebut nama Lukas yang sedang tinggal bersama dengan Paulus. Di dalam seluruh Perjanjian Baru, Lukas sebenarnya tidak banyak dikenal, namanya hanya muncul tiga kali, yaitu dalam Kol 4:14; 2Tim 4:11; dan Flm 24. Dari teks-teks tersebut juga tidak diketahui apa-apa tentang Lukas, kecuali keterangan bahwa ia adalah seorang tabib (Kol 4:14).

Lukas adalah satu-satunya Injil yang dalam pembukaannya memberitahukan maksud penulisannya. “Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar” (Luk 1:3-4). Lukas ingin memberi jaminan kepada saudara-saudara seiman bahwa kabar tentang Yesus Kristus yang mereka terima memang sungguh-sungguh benar.

Lalu? Membagikan pengalaman bersama Allah untuk meneguhkan orang lain mungkin pada saat ini merupakan jalan yang bisa ditempuh untuk membantu sesama. Apakah kita bersedia?


V. Indra Sanjaya Pr


Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site