Hidupkatolik.com
home / renungan

Mewartakan Kematian dan Kebangkitan: Renungan Jumat, 2 Nov 2012

Kamis, 1 November 2012 18:02 WIB
Yesus-sedang-Mengajar-orang-banyak.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Hari Raya Peringatan Arwah Semua Orang Beriman; 2Mak 12:43-46, Mzm 130; 1Kor 15:12-34; Yoh 6:37-40

Memperingati arwah semua orang beriman, kita memantapkan kembali isi evangelisasi kita. Di dalam evangelisasi, kita mewartakan dua pokok iman, yakni kematian dan kebangkitan. Keduanya berpusat pada pribadi Yesus Kristus. Di dalam ingatan kita, kematian Yesus di salib membawa pembebasan manusia dari berbagai kekuasaan yang melumpuhkan, bahkan membunuh pribadinya.

Kenangan akan kematian Yesus menjadi undangan bagi kita untuk mengalami kematian, yaitu kematian manusia lama atau pertobatan. Pertobatan mengantar kita ke hidup baru sebagai pribadi-pribadi yang merdeka. Di sinilah kita mengalami kebangkitan, kehidupan baru di dalam Kristus. Lebih lagi, ketika memperingati arwah kaum beriman, kita juga mengingat daya iman kita yang melampaui masa sekarang dan melampaui yang fana.

Paulus mengatakan: ”Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.” (1Kor 15:19). Iman kristiani memampukan kita menaruh pengharapan akan kehidupan baru sesudah kematian jasmaniah kita. Tanpa pengharapan ini, ”Percuma dan hampalah” doa-doa kita bagi mereka yang sudah meninggal.

Yap Fu Lan



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site