Hidupkatolik.com
home / renungan

Kuasa Penyembuhan: Renungan Senin, 11 Februari 2013

Minggu, 10 Februari 2013 15:30 WIB
Kuasa-penyembuhan.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa, Hari Orang Sakit Sedunia; Kej 1:1-19; Mzm 104; Mrk 6:53-56

Kata “sakit” menggambarkan suatu keadaan yang memiliki tiga ciri: kacau/tak beraturan (chaos), lemah, dan  tak stabil. Sering kali kekacauan jasmani menyebabkan pula kekacauan pikiran dan emosi, yang berpengaruh pada relasi dengan sesama, bahkan juga kekacauan iman. Dalam gambaran ini, “sembuh” berarti kembali kepada kesatuan dan keteraturan (kosmos) atau harmoni. Sembuh secara jasmaniah berarti organ-organ tubuh bekerja teratur sesuai fungsi dan peran masing-masing; yang satu berelasi dengan yang lain. Lebih dari itu, “sembuh” berarti bersatu kembali dalam relasi harmonis dengan diri sendiri, sesama, dan Allah.

Inilah penyembuhan yang Yesus lakukan dengan kuasa-Nya yang bersumber dari Allah Pencipta. Di dalam tradisi Yahudi, “sakit” diyakini sebagai hukuman atas dosa si penderita atau dosa orangtuanya. Agar tak tercemar oleh penyakit maupun dosa, masyarakat menyingkirkan para penderita sakit dari pergaulan sehari-hari, juga dari perayaan-perayaan keagamaan. Si sakit pun yakin bahwa ia tak pantas, tak berharga. “Sembuh” bagi Yesus pertama-tama berarti pulihnya nilai diri si sakit sebagai pribadi citra Allah dan kedudukan sosial-religiusnya di dalam masyarakat. “Sembuh” juga memiliki makna menjadi ciptaan baru dan hidup dalam kesatuan dengan Allah Pencipta dan segenap ciptaan-Nya.

Sebagai murid-murid Yesus, kita pun memiliki kuasa menyembuhkan yang bersumber dari Allah, yakni kemampuan bertindak membantu orang kembali kepada kesatuan harmonis dengan dirinya, sesama, dan Allah. Karena memiliki kuasa menyembuhkan, kita mesti lebih peduli pada penderita sakit, dan bertindak menolong mereka, seperti yang dilakukan oleh orang Samaria yang baik hati (Luk 10:25-37). Semoga bersama mereka, kita pun senantiasa dipulihkan oleh kuasa dan cinta Allah.

Yap Fu Lan



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site