Hidupkatolik.com
home / aktual / nusantara

BOGOR: Rahmat Tahbisan Diakon dan Imam

Senin, 18 Februari 2013 14:42 WIB
Para-diakon-yang-ditahbiskan-di-Bogor-menerima-ucapan-selamat-dari-para-imam.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Dua belas calon imam menerima tahbisan diakon di Bogor. Terbanyak dalam sejarah Keuskupan Bogor.

Uskup Bogor Mgr Michael Cosmas Angkur OFM, menahbiskan 12 calon imam menjadi diakon; lima frater Diosesan Keuskupan Bogor, tiga frater Carmelitae Sancti Eliae (CSE), dan empat frater Ordo Fratrum Minorum (OFM), di Gereja St Fransiskus Asisi Sukasari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 2/2.

Mgr Angkur mengatakan, peristiwa tahbisan ini bukan hanya milik mereka yang tertahbis, tetapi merupakan peristiwa gerejani. “Tahbisan ini adalah rahmat sekaligus tanggung jawab bahwa dalam Gereja Katolik yang ada adalah pelayan, bukan pejabat,” kata Mgr Angkur.

Kepada para tertahbis, Mgr Angkur berpesan agar mereka setia pada janji dan siap melayani sesama. Semoga para diakon ini tidak menyia-nyiakan doa dan kepercayaan umat, terus bertekun dalam panggilan, dan mempersiapkan diri untuk proses selanjutnya.

Sedangkan Pastor Paroki Fransiskus Asisi Sukasari, Ignatius Heru Wihardono, mengatakan, “Tahbisan 12 diakon ini merupakan tahbisan terbanyak dalam sejarah Keuskupan Bogor. Secara kebetulan, 12 diakon ini menyamai 12 rasul.”

Selain di Bogor, di Kapel Seminari Tinggi St Paulus Yogyakarta, Uskup Agung Semarang Mgr J. Pujasumarta, juga menahbiskan 24 diakon dari berbagai kongregasi, Sabtu, 26/1. Sementara Uskup Agung Palembang, Mgr Aloysius Sudarso SCJ, menahbiskan seorang diakon menjadi imam dan lima frater menjadi diakon, di Gereja St Yohanes Penginjil Bengkulu, Rabu, 6/2.

Selain itu, Uskup Agung Medan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga OFMCap, menahbiskan empat diakon Ordo Fratrum Minorum Capuccinorum (OFMCap) menjadi imam di Gereja St Petrus dan Paulus Pematangsiantar, Kamis 31/1.

Stefanus P. Elu, 
Laporan: A. Sudarmanto/Ivan Mahendra MSF/Fr Emil SCJ/Rahmat Slamet Riadi



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site