Hidupkatolik.com
home / renungan

Iman Lebih Dulu: Renungan Kamis, 4 Juli 2013

Rabu, 3 Juli 2013 10:00 WIB
Iman-Lebih-Dulu.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XIII; Kej 22:1-19; Mzm 16; Mat 9:1-8 

Kita membuat Allah absen? Ya, seperti kata penulis A History of God, Karen Amstrong: bukan Allah yang menciptakan kita manusia, tetapi manusia yang menciptakan Allah. Maksudnya, kita mengakui Allah ada, hanya ketika Allah bertindak seperti yang kita mau; kita mengatakan Allah tiada ketika Ia bertindak lain dari yang kita inginkan.

Berhadapan dengan sosok Abraham, kita ditantang agar tetap percaya bahwa Allah dan kebaikan-Nya justru hadir di dalam situasi paling tak enak dalam hidup. Yesus mengajak kita melihat Allah yang mempunyai kehendak dan bertindak sesuai kehendak-Nya, yakni keselamatan semua orang. Pemazmur mengingatkan  kita untuk menggunakan segala indera yang kita miliki untuk melihat dan mengalami kebaikan Allah. Menggunakan segala indera adalah pilihan bebas setiap orang. Ada yang punya mata tapi tak (mau) melihat; punya telinga tapi tak (mau) mendengar; punya hidung tapi tak (mau) membaui.

Pilihan melihat Allah dibuat orang yang mengakui kelemahan diri dan datang kepada Yesus. Yesus memberikan catatan penting bagi kita: hasrat untuk mencari bukti atau tanda fisik menyulitkan kita beriman kepada Allah. Sebaliknya, ketika kita beriman kepada-Nya, kita akan melihat ‘bukti’ tindakan Allah yang luar biasa mengejutkan.

Yap Fu Lan



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site