Hidupkatolik.com
home / renungan

Merdeka: Renungan Sabtu, 13 Juli 2013

Jumat, 12 Juli 2013 10:00 WIB
Merdeka.jpg
HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XIV; Kej 49:29-32; 50:15-24; Mzm 105; Mat 10:24-33

Dua belas murid diutus Yesus untuk mewartakan kedatangan Kerajaan Allah. Tugas pelayanan yang harus mereka lakukan sama dengan yang dikerjakan oleh-Nya, seperti menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, dan mengusir setan. Maka, sebelum pergi, mereka diberi kuasa agar mampu melakukan hal-hal luar biasa tersebut. Tapi, siapa bilang dengan itu tugas mereka jadi mudah?

Yesus memberi peringatan bahwa para rasul akan menemui banyak kesulitan. Misi mereka baik, sayang tidak semua orang bersedia membuka hati untuk menerimanya. Bisa jadi, mereka justru dibenci dan dianiaya. Namun, Yesus mendorong mereka agar jangan takut. Allah akan selalu menyertai dan melindungi mereka. Seruan ini sekaligus merupakan jaminan bahwa hidup dan perjuangan mereka tak akan sia-sia.

Rasa takut memang akrab dengan kehidupan kita. Takut itu wajar, namun kalau sampai hidup seseorang dikuasai ketakutan, tentu itu bukan hal yang baik. Orang jadi sulit berkembang, enggan membuat sesuatu yang inovatif. Bahkan dari perikop ini ada sebuah pesan penting; rasa takut bisa membelokkan jalan hidup seseorang. Karena itu, marilah kita mengatasi ketakutan-ketakutan yang ada dalam diri kita. Jadilah orang merdeka dengan bersikap berani.

Johannes Jarot Hadianto



Share on Facebook || Share on Twitter
Berita Lainnya
Full Site